eprintid: 5906 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/59/06 datestamp: 2022-11-02 01:47:07 lastmod: 2022-11-02 05:59:46 status_changed: 2022-11-02 01:47:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anggareni, Dwi Ratri creators_NPM: 037114071 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Badruzzaman, Nedin contributors_name: Mulyawati, Yuli corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE Studi ini dengan PendekatanPenelitian Tindakan Kelas pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cikereteg 1 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Dwi Ratri. NPM 037114264. “Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penarapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Peneliti ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas, serta dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pebaikan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cikereteg 1 yang terdiri dari 28 siswa, dengan kompisisi perempuan 10 siswa dan laki-laki 18 siswa . Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siklus I memperoleh nilai 72,98% atau ketuntasan hasil belajar 71,42% sedangkan siklus II memperoleh nilai 79,87% atau ketuntasan hasil belajar 85,72% artinya penelitian di siklus II sudah berhasil. Begitu pula dengan penilaian kualitas proses pembelajaran pada siklus I sebesar 73,00% dan di siklus II sebesar 83,95%. Sedangkan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan pada sikap berupa keaktifan, kerjasama dan kedisiplinan dengan memperoleh nilai pada siklus I yaitu 70,82 , sedangkan siklus II memperoleh nila 83,21. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penarapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran di kelas IV SD Negeri Cikereteg 1 kecamatan Caringin Kabupaten Bogor Semester Genap tahun pelajaran 2017/2018. Selain itu, dapat meningkatkan partisipasi aktif dan kedisiplinan siswa Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share , Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Anggareni, Dwi Ratri PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE Studi ini dengan PendekatanPenelitian Tindakan Kelas pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cikereteg 1 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5906/1/Dwi%20Ratri%20A.%20037114071%20PGSD.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5906/2/BAB%201%20revisi.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5906/3/BAB%20II%20FIX%20BARU%20EDIT.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5906/4/BAB%20III%20SKRIPSI%20DWI.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5906/5/BAB%204%20DWI%20FIX.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5906/6/BAB%20V%20dwi.docx