@phdthesis{eprintsunpak5969, month = {July}, title = {Analisis Peramalan Penjualan Dalam Rangka Perencanaan Produksi Pada CV. Yogitas Bogor}, school = {Universitas Pakuan}, author = {Weny Pangestuti and Jaenudin Jaenudin and Doni Wihartika}, year = {2018}, abstract = {Weny Pangestuti 0211 14 307, Manajemen,Manajemen Operasi, AnalisisPeramalanPenjualanDalam RangkaPerencanaanProduksiPada CV.Yogitas Bogor,Ketua KomisiPembimbing JAENUDIN dan Anggota KomisiPembimbingDONIWIHARTIKA. CV.Yogitasmerupakan perusahaan yang bergerakdalam bidang pembuatantas.Perusahaanseringkalimengalamikesulitanuntukmengukur danmenentukanjumlahproduksiyangdibutuhkankarenapermintaanyang sangattidakpasti.Peramalanyangdilakukanolehperusahaankurangbaik, karenaantarapenjualanaktualdanperamalanterdapatperbedaanyang cukupsignifikan,sehinggaseringterjadikelebihanataukekuranganproduksi. Penelitianiniditujukanuntukmenganalisismetodeperamalanpenjualan yang paling sesuaidalam rangka merencanakan jumlah produksipada CV.Yogitas. Metodeyangakandigunakandalam penelitianiniadalahmetode timeseriesyangterdiridariMovingAverage,ExponentialSmoothing,Naive Method,danLeastSquare,denganmenggunakanjenisdatakuantitatifyaitu merupakandataprimerdandatasekunder. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwametodeyangpaling efektifadalahmetodeExponentialSmoothingdengan{\ensuremath{\alpha}}=0,7karenametode tersebutmemilikitingkatkesalahanyangterkecildengannilaiMAD=258,4, MSE=79.117,7,danMAPE=10,1\%dibandingkandenganmetodeperamalan lainnya. CV.Yogitas sebaiknya melakukan perencanaan produksidengan Compromise Strategy agar dapat meningkatkan penjualan dan memaksimalkanpendapatan. KataKunci:PeramalanPenjualan,PerencanaanProduks}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/5969/} }