TY - THES N2 - Weny Pangestuti 0211 14 307, Manajemen,Manajemen Operasi, AnalisisPeramalanPenjualanDalam RangkaPerencanaanProduksiPada CV.Yogitas Bogor,Ketua KomisiPembimbing JAENUDIN dan Anggota KomisiPembimbingDONIWIHARTIKA. CV.Yogitasmerupakan perusahaan yang bergerakdalam bidang pembuatantas.Perusahaanseringkalimengalamikesulitanuntukmengukur danmenentukanjumlahproduksiyangdibutuhkankarenapermintaanyang sangattidakpasti.Peramalanyangdilakukanolehperusahaankurangbaik, karenaantarapenjualanaktualdanperamalanterdapatperbedaanyang cukupsignifikan,sehinggaseringterjadikelebihanataukekuranganproduksi. Penelitianiniditujukanuntukmenganalisismetodeperamalanpenjualan yang paling sesuaidalam rangka merencanakan jumlah produksipada CV.Yogitas. Metodeyangakandigunakandalam penelitianiniadalahmetode timeseriesyangterdiridariMovingAverage,ExponentialSmoothing,Naive Method,danLeastSquare,denganmenggunakanjenisdatakuantitatifyaitu merupakandataprimerdandatasekunder. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwametodeyangpaling efektifadalahmetodeExponentialSmoothingdengan?=0,7karenametode tersebutmemilikitingkatkesalahanyangterkecildengannilaiMAD=258,4, MSE=79.117,7,danMAPE=10,1%dibandingkandenganmetodeperamalan lainnya. CV.Yogitas sebaiknya melakukan perencanaan produksidengan Compromise Strategy agar dapat meningkatkan penjualan dan memaksimalkanpendapatan. KataKunci:PeramalanPenjualan,PerencanaanProduks A1 - Pangestuti, Weny A1 - Jaenudin, Jaenudin A1 - Wihartika, Doni Y1 - 2018/07/26/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/5969/ PB - Universitas Pakuan EP - 108 TI - Analisis Peramalan Penjualan Dalam Rangka Perencanaan Produksi Pada CV. Yogitas Bogor AV - public ID - eprintsunpak5969 M1 - Skripsi ER -