%A Weny Pangestuti %A Jaenudin Jaenudin %A Doni Wihartika %D 2018 %L eprintsunpak5969 %X Weny Pangestuti 0211 14 307, Manajemen,Manajemen Operasi, AnalisisPeramalanPenjualanDalam RangkaPerencanaanProduksiPada CV.Yogitas Bogor,Ketua KomisiPembimbing JAENUDIN dan Anggota KomisiPembimbingDONIWIHARTIKA. CV.Yogitasmerupakan perusahaan yang bergerakdalam bidang pembuatantas.Perusahaanseringkalimengalamikesulitanuntukmengukur danmenentukanjumlahproduksiyangdibutuhkankarenapermintaanyang sangattidakpasti.Peramalanyangdilakukanolehperusahaankurangbaik, karenaantarapenjualanaktualdanperamalanterdapatperbedaanyang cukupsignifikan,sehinggaseringterjadikelebihanataukekuranganproduksi. Penelitianiniditujukanuntukmenganalisismetodeperamalanpenjualan yang paling sesuaidalam rangka merencanakan jumlah produksipada CV.Yogitas. Metodeyangakandigunakandalam penelitianiniadalahmetode timeseriesyangterdiridariMovingAverage,ExponentialSmoothing,Naive Method,danLeastSquare,denganmenggunakanjenisdatakuantitatifyaitu merupakandataprimerdandatasekunder. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwametodeyangpaling efektifadalahmetodeExponentialSmoothingdenganα=0,7karenametode tersebutmemilikitingkatkesalahanyangterkecildengannilaiMAD=258,4, MSE=79.117,7,danMAPE=10,1%dibandingkandenganmetodeperamalan lainnya. CV.Yogitas sebaiknya melakukan perencanaan produksidengan Compromise Strategy agar dapat meningkatkan penjualan dan memaksimalkanpendapatan. KataKunci:PeramalanPenjualan,PerencanaanProduks %I Universitas Pakuan %T Analisis Peramalan Penjualan Dalam Rangka Perencanaan Produksi Pada CV. Yogitas Bogor