%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurwulan, Erlita %A Supriyanto, Joko %A Fadilah, Haqi %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Ekonomi dan Bisnis, %A Program Studi Manajemen, %B Program Studi Manajemen %D 2018 %F eprintsunpak:5983 %I Universitas Pakuan %P 91 %T Pengaruh Profitabilitas, dan Leverage terhadap Agresivitas Pajak pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. %U http://eprints.unpak.ac.id/5983/ %X Erlita Nurwulan, npm 022114105, akuntansi, akuntansi perpajakan. Pengaruh Profitabilitas, dan Leverage terhadap Agresivitas Pajak pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Dibimbing oleh Joko Supriyanto dan Haqi Fadillah. 2018. Perusahaan-perusahaan yang berdiri dan mengembangkan usahanya di Indonesia memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Namun bagi perusahaan, pajak merupakan hal yang ingin dihindari karena dianggap beban yang dapat mengurangi laba bersih dari suatu perusahaan. Perusahaan sebagai wajib pajak akan berusaha untuk memaksimalkan laba melalui berbagai macam efisiensi beban, termasuk beban pajak. Hal tersebut dilakukan oleh perusahaan dengan melakukan tax planning atau dengan melakukan agresivitas pajak. Nilai rata-rata Effective Tax Rate (ETR) pada 10 perusahaan sektor industri barang konsumsi berada dibawah rata-rata 0,025 atau < 25 persen. Nilai effective tax rate (ETR) dibawah rata�rata mengindikasikan bahwa adanya upaya melakukan penghindaran pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap agresivitas pajak perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak yang diproksikan dengan effective tax rate (ETR). Sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang di proksikan dengan net profit margin (NPM) dan leverage yang diproksikan dengan debt to asset ratio (DAR). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 44 perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode pusposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 21 perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Profitabilitas berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak dan Leverage berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak. Sedangkan secara simultan Profitabilitas dan Leverage berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak. Karena masih adanya sejumlah variabel lain yang belum digunakan dan penelitian ini hanya dilakukan selama 5 tahun maka penelitian selanjutnya disarankan untuk memperpanjang periode pengamatan serta menambahkan variabel lain yang erat kaitannya dengan agresivitas pajak agar agresivitas pajak dapat dijelaskan dengan lebih baik. Kara kunci : Agresivitas Pajak, Profitabilitas dan Leverage.