TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/6015/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Saidah, Neneng TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU : Penelitian Ekperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sampora 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 ID - eprintsunpak6015 Y1 - 2022/08/20/ N2 - Neneng Saidah. 037118040. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2022. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi yang dilaksanakan di SDN Sampora 01. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning dan kelas yang menggunakan model Konvensional. Subjek penelitian ini adalah kelas IV A dan IV B SDN Sampora 01 Kabupaten Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh terlihat dari perhitungan N-Gain model Problem Based Learning sebesar 62 dengan kriteria sedang dan nilai N-Gain model konvensional sebesar 51 dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model Konvensional. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji liliefors kedua sampel berdistribusi normal. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 2,57611 lebih besar dari ttabel sebesar 1,99714 menunjukkan H (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa model Problem Based Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar subtema lingkungan tempat tinggalku kelas IV di SDN Sampora 01 Kabupaten Bogor. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Problem Based Learning ER -