eprintid: 6021 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/60/21 datestamp: 2022-11-11 01:31:12 lastmod: 2022-11-11 01:31:45 status_changed: 2022-11-11 01:31:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mariyani, Lisza creators_name: Sumardi, creators_name: Muhajang, Tatang creators_NPM: 037113232 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sumardi, contributors_name: Muhajang, Tatang contributors_NIDN: 0006065201 contributors_NIDN: 0405056904 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bambu Kuning Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun 2016/2017 ispublished: pub divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Lisza Mariyani, 037113232. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script. Skripsi ini Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan. Bogor. 2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dalam du siklus. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatankan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V melalui Model Cooperative Script. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah DasarNegeri Bambu Kuning yang terdiri dari 38 siswa, dengan komposis laki-laki 17 siswa dan perempuan 21 siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar pada refleksi awal adalah 2,63% kemudian ketuntasan siklus pertama adalah 36,84% sedangkan ketuntasan siklus kedua adalah 86,85%. Hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan aktivitas perilaku siswa dengan memperoleh nilai pada siklus pertama 71,57 sedangkan siklus kedua memperoleh nilai 87,5. Peneliti berkesimpulan bahwa Mode Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan kinerja guru dan perilaku siswa dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Script, Ilmu Pengetahuan Sosial. date: 2017-08-18 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Mariyani, Lisza and Sumardi and Muhajang, Tatang (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bambu Kuning Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6021/1/COVER.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6021/2/LEMBAR%20PENGERSAHAN%20SKRIPSI.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6021/3/ABSTRAK.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6021/4/BAB%20I%20revisi.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6021/5/BAB%20II.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6021/6/BAB%20III.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6021/7/BAB%20IV%20lisa.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6021/8/BAB%20V.docx