relation: http://eprints.unpak.ac.id/6031/ title: PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA PEDULI MAKHLUK HIDUP Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas IV SDN Kukupu 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019 creator: Maulana, Sukria subject: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR description: Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan kolaborator. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada Tema Pduli Makhluk Hidup Subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku pada siswa kelas IV/C menggunakan Model Discovery Learning. Obyek penelitian ini adalah siswa SDN Kukupu 2 kelas IV/C yang terdiri dari 36 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata Tema Peduli Makhluk Hidup pada subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku pada siklus I memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 67%,hasil belajar siklus II memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 81%.Sedangkan kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai sebesar 73,2 dan pada siklus II meningkat menjadi 83,6. Begitu pula dengan hasil observasi perilaku siswa menunjukan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus I yaitu 67,72, sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,74. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV/C di SDN Kukupu 2 Kelurahan Cibadak Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Selain itu Model Discovery Learning dapat meningkatkan Keaktifan, kerjasama, dan k eberanian siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar, Tema Peduli Makhluk Hidup, Discver Larning date: 2019-01-08 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6031/1/Cover.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6031/2/LEMBAR%20PENGESAHAN%20SKRIPSI.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6031/3/Abstrak.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6031/4/BAB%20I.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6031/5/BAB%20II.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6031/6/BAB%20III.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6031/7/BAB%20IV.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6031/8/BAB%20V.docx identifier: Maulana, Sukria (2019) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA PEDULI MAKHLUK HIDUP Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas IV SDN Kukupu 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.