eprintid: 6034 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/60/34 datestamp: 2022-11-11 01:44:44 lastmod: 2022-11-11 01:44:44 status_changed: 2022-11-11 01:44:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lestari, Pratiwi Esi creators_NPM: 037117018 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Permana, Irvan contributors_name: Anjaswuri, Fitri contributors_NIDN: 0419047702 contributors_NIDN: 0416068503 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA Penelitian Eksperimen Quasi Pada peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wanaherang 04, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Pratiwi Esi Lestari. 037117018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia pada peserta didik kelas IVA dan IVB SD Negeri Wanaherang 04 Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup, Subyek penelitian ini berjumlah 64 peserta didik kelas IVA dan IVB SD Negeri Wanaherang 04 Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians, dan uji hipotesis menggunakan uji t. hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar Subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Hal ini terlihat dari niai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen 73,84, sedangkan kelompok nilai kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 60,66. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 97% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 78%, serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,8012) ≥ ttabel (1,99897). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia, Model Problem Based Learning. date: 2021-07-08 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Lestari, Pratiwi Esi (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA Penelitian Eksperimen Quasi Pada peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wanaherang 04, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6034/1/SKRIPSI%20PRATIWI%20ESI%20LESTARI%20037117018%20%282%29.pdf