eprintid: 6035 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/60/35 datestamp: 2022-11-11 01:32:36 lastmod: 2022-11-11 01:32:36 status_changed: 2022-11-11 01:32:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tanzil, Rahmatiani creators_NPM: 037116034 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anwar, Wawan Syahiril contributors_name: Karmila, Nita contributors_NIDN: 0022096401 contributors_NIDN: 0425128802 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Kausal Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus 02 Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021) ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Rahmatiani Tanzil, 037116034. Pengaruh Keperacayaan diri terhadap Hasil Helajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2020. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitaf dengan Pendekatan Kausal dengan kepercayaan diri sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus 02 Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 171 dengan jumlah sampel sebanyak 64 responden. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket kuisioner untuk variabel kepercayaan diri dan soal tes pilihan ganda untuk variabel hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Ŷ = (17,98 + 0,79x) dengan koefisien korelasi sebesar 0,60 dan koefisien determinasi sebesar 0,366 dan diperoleh thitung sebesar 5,98 lebih besar dari ttabel 2,00 dengan taraf nyata 0,05 yang berarti signifikan. Berdasakan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV. Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Hasil Belajar Matematika. date: 2021-04-08 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Tanzil, Rahmatiani (2021) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Kausal Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus 02 Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6035/1/1656997201587_1656669906977_SKRIPSI%20RAHMATIANI%20TANZIL%20037116034.pdf