TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/6039/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Sulastri, Dewi TI - PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibarusah Jaya 04 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 ID - eprintsunpak6039 Y1 - 2022/01/28/ N2 - Dewi Sulastri. 037117063. Pengaruh ?Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman?. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Cibarusah Jaya 04 yang terdiri dari 72 Siswa, penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh ?Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman. Hal ini terlihat dari N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 80, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 71. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 92% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 56%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,9785) > ttabel (1,9944). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara ?Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman?. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar serta membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efesien. Kata Kunci : Hasil belajar, Discovery Learning. ER -