eprintid: 6039 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/60/39 datestamp: 2022-11-11 01:38:44 lastmod: 2022-11-11 01:38:44 status_changed: 2022-11-11 01:38:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sulastri, Dewi creators_NPM: 037117063 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hidayat, Rais contributors_name: Gani, Resyi Abdul contributors_NIDN: 0426067204 contributors_NIDN: 0417088001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibarusah Jaya 04 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Dewi Sulastri. 037117063. Pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman“. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Cibarusah Jaya 04 yang terdiri dari 72 Siswa, penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman. Hal ini terlihat dari N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 80, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 71. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 92% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 56%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,9785) > ttabel (1,9944). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar serta membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efesien. Kata Kunci : Hasil belajar, Discovery Learning. date: 2022-01-28 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Sulastri, Dewi (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibarusah Jaya 04 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6039/1/Skripsi%20revisi%20Dewi%20Sulastri.pdf