relation: http://eprints.unpak.ac.id/6040/ title: HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Korelasional di kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedep Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 creator: Sari, Fira Yulia subject: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR description: Fira Yulia Sari 037117099. Hubungan Disiplin Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Disiplin Belajar dengan Kemandirian Belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedep Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 73 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 42 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan disiplin belajar dengan kemandirian belajar siswa ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,410. Ini menunjukkan adanya hubungan antara disiplin belajar dengan kemandirian belajar siswa, sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,1681 atau sebesar 16,81%. Sisanya sebanyak 83,19% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata kemandirian belajar pada siswa sebesar 16,81% ditentukan oleh disiplin belajar melalui persamaan regresi Ŷ = 34,28 + 0,67X, artinya setiap kenaikan unit nilai disiplin belajar akan menyebabkan kenaikan kemandirian belajar siswa sebesar 0,67 unit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan kemandirian belajar siswa pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedep Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Kemandirian Belajar Siswa date: 2022-01-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6040/1/BURNING%20FIX%20FIRA%20YS.pdf identifier: Sari, Fira Yulia (2022) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Korelasional di kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedep Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.