%0 Thesis %9 Skripsi %A Hidayati, Nadhira Nur %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Guru Sekolah Dasar, %B PGSD %D 2022 %F eprintsunpak:6045 %I Universitas Pakuan %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO CERITA FIKSI TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 %U http://eprints.unpak.ac.id/6045/ %X Nadhira Nur Hidayati 037118019 Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2022. Penelitian ini dengan jenis penelitian eksperimen quasi desain dua kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku kelas IV melalui penerapan model Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video di kelas eksperimen dan penerapan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor yang terdiri dari 58 peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata N-Gain dan ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 75 dengan ketuntasan hasil belajar 96,5%, sedangkan nilai rata-rata N-Gain pada kelompok kelas kontrol yaitu sebesar 54 dengan ketuntasan hasil belajar 86,2%. Hasil uji hipotesis menyatakan H0 ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima karena nilai thitung (5,89887) > ttabel (2,00324) dengan dk 56 dan taraf signifikansi 0,05 (5%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning Berbantuan Media Video terhadap hasil belajar subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata kunci: Problem Based Learning, Video Cerita Fiksi, Hasil Belajar, Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku.