eprintid: 6048 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/60/48 datestamp: 2022-11-11 01:39:06 lastmod: 2022-11-11 01:39:06 status_changed: 2022-11-11 01:39:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahayu, Sarah creators_NPM: 037118017 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Kurnia, Dadang contributors_name: Mulyawati, Yuli contributors_NIDN: 0008045902 contributors_NIDN: 0417057704 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF PROFESIONAL PADA TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 Pendekatan Penelitian Research and Development (R&D) Pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Genteng Kecamatan Bogor Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan e-modul berbasis flip pdf profesional untuk dikembangkan kepada peserta didik Kelas IV SDN Genteng Kota Bogor serta untuk mengetahui kelayakan e-modul berbasis flip pdf profesional terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), tetapi dalam penelitian ini hanya sampai tahap development karena hanya untuk mengetahui pengembangan bahan ajar e-modul berbasis flip pdf profesional. Pada penelitian ini dilakukan uji validasi kepada para ahli. Ahli tersebut yaitu ahli media, ahli bahasa dan ahli materi untuk mengembangkan dan menyempurnakan e-modul berbasis flip pdf profesional kepada peserta didik, dan menyebarkan lembar angket peserta didik untuk mengetahui kelayakan e-modul berbasis flip pdf profesional pada pembelajaran. Hasil uji validasi oleh ahli media dengan presentase 89% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa dengan presentasi 80% dengan kriteria layak dan ahli materi dengan presentase 88% dengan kriteria sangat layak. Dan hasil angket respon peserta didik pun menunjukan hasil dengan presentase 93,33% dengan kategori sangat layak, maka hasil tersebut menunjukan bahwa e-modul sangat layak untuk dikembangkan kepada peserta didik dan sangat layak untuk dijadikan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: e-modul, flip pdf profesional. date: 2022-06-17 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Rahayu, Sarah (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF PROFESIONAL PADA TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 Pendekatan Penelitian Research and Development (R&D) Pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Genteng Kecamatan Bogor Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6048/1/SKRIPSI%20SARAH%20RAHAYU.pdf