%T HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Korelasi Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Semeru 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 %L eprintsunpak6054 %D 2022 %X Syifaa Nur Rohmah. 037116187. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan survey yang dilakukan terhadap 82 siswa dari kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Semeru 1 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah sampel sebanyak 45 siswa. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 1,03 + 4,11X artinya setiap peningkatan satu unit konsep diri maka akan meningkatkan interaksi sosial siswa sebesar 4,11 unit. Koefisien korelasi menyatakan bahwa r sebesar 0,70 dan koefisien determinasi sebesar 49%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terdapat hubungan kedua variabel yang kuat dan konsep diri berkontribusi terhadap interaksi sosial siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan interaksi sosial siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Semeru 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: konsep diri, interaksi sosial siswa, korelasi %I Universitas Pakuan %A Syifaa Nur Rohmah