eprintid: 6056 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/60/56 datestamp: 2022-11-11 02:17:57 lastmod: 2022-11-11 02:17:57 status_changed: 2022-11-11 02:17:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Gunawan, Niesa Purnama creators_NPM: 036115012 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Taufik, Muhammad contributors_name: Yani, Indri contributors_NIDN: 0415098805 contributors_NIDN: 0405128703 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI JAMUR SMA KELAS X ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: Niesa Purnama Gunawan. 036115012. Pengembangan Penuntun Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Jamur Kelas X. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Triasianingrum A. S.U dan Indri Yani, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum berbasis keterampilan berpikir kritis sebagai pelengkap pembelajaran yang lebih efektif pada materi jamur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Four-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian dilaksanakan pada bulan April-November 2019. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukaresmi tahun akademik 2019/2020 sebanyak 30 orang siswa. Pelaksanaan uji coba lapangan hanya dilakukan secara uji coba terbatas menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) hasil validasi kelayakan penuntun praktikum oleh tiga orang ahli sains menunjukan kriteria valid tanpa revisi dengan tingkat pencapaian sebesar 83%. 2) Penuntun praktikum mampu membantu siswa dalam pencapaian kompetensi, siswa menjadi lebih aktif bertanya, berdiskusi dengan baik, antusias mengikuti pembelajaran, berani mengemukakan pendapat serta lebih aktif pada saat praktikum. 3) efektif membantu guru dalam proses praktikum dibuktikan dengan hasil rata-rata tanggapan guru sebesar 99% (sangat baik). 4) bahan ajar sensitif dalam pembelajaran dan melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada materi jamur dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 0,39 (sedang). Kata Kunci : Penuntun praktikum, kemampuan berpikir kritis, jamur date: 2022-10-02 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Gunawan, Niesa Purnama (2022) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI JAMUR SMA KELAS X. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6056/1/Skripsi_Niesa%20Purnama%20Gunawan_036115012.pdf