TY - THES Y1 - 2020/10/24/ AV - public UR - http://eprints.unpak.ac.id/6068/ A1 - Rahman, Nur ID - eprintsunpak6068 N2 - Nur Rahman. 037116176. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Bilangan Desimal di Kelas V SDIT Ar- Rahman Bojong Gede, Cibinong, Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020.Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan dan perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi teknik pengumpulan data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperioleh keabsahan data.Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kesulitan belajar bilangan desimal. (2) Menguraikan cara mengatasi kesulitan belajar bilangan desimal. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika pada bilangan desimal, faktor internal dan faktor eksternal (faktor dari diri anak sendiri dan faktor dari lingkungan seperti keluarga, sekolah, dan teman). (2) Memberikan motivasi atau semangat yang dapat membangkitkan siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Matematika M1 - Skripsi TI - ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA BILANGAN DESIMAL Studi deskriptif dengan Penelitian Kualitatif pada siswa di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Rahman Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 PB - Universitas Pakuan ER -