%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurmaulida %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Guru Sekolah Dasar, %B PGSD %D 2018 %F eprintsunpak:6070 %I Universitas Pakuan %T PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERISTIWA ALAM YANG TERJADI DI INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION Penelitian Eksperimen Quasi Pada Siswa Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri cilendek Timur 1 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 %U http://eprints.unpak.ac.id/6070/ %X Nurmaulida. 037114107. Perbedaan Hasil Belajar Pada Materi Peristiwa Alam Yang Terjadi di Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif student teams achievement division. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cilendek Timur 1 pada siswa kelas VA, VB, dan VC semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran inkuiri sebesar 72,8 dan model pembelajaran konvensional sebesar 54,8. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung > 1,99547 yaitu 6,545 > 1,99547. Terdapat perbdaan hasil belajar pada materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif student team achivement division dan melalui model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran kooperatif student team achievement division sebesar 64,2 dan model pembelajaran konvensional sebesar 54,8. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung > 1,99547 yaitu 3,560 > 1,99547. Terdapat perbdaan hasil belajar pada materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif student team achivement division. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran inkuiri sebesar 72,8 dan model pembelajaran kooperatif student team achivement division sebesar 64,2. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung > 1,99547 yaitu 3,115 > 1,99547. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif student teams achievement division. Kata kunci: Hasil Belajar Pada Materi Peristiwa Alam yang terjadi di Indonesia, Inkuiri, Student Teams Achievement Division