eprintid: 6070 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/60/70 datestamp: 2022-11-11 02:23:23 lastmod: 2022-11-11 02:23:24 status_changed: 2022-11-11 02:23:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurmaulida, creators_NPM: 037114107 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tampubolon, Saur M. contributors_name: Purnamasari, Ratih contributors_NIDN: 0420025403 contributors_NIDN: 0406068603 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERISTIWA ALAM YANG TERJADI DI INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION Penelitian Eksperimen Quasi Pada Siswa Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri cilendek Timur 1 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Nurmaulida. 037114107. Perbedaan Hasil Belajar Pada Materi Peristiwa Alam Yang Terjadi di Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif student teams achievement division. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cilendek Timur 1 pada siswa kelas VA, VB, dan VC semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran inkuiri sebesar 72,8 dan model pembelajaran konvensional sebesar 54,8. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung > 1,99547 yaitu 6,545 > 1,99547. Terdapat perbdaan hasil belajar pada materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif student team achivement division dan melalui model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran kooperatif student team achievement division sebesar 64,2 dan model pembelajaran konvensional sebesar 54,8. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung > 1,99547 yaitu 3,560 > 1,99547. Terdapat perbdaan hasil belajar pada materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif student team achivement division. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran inkuiri sebesar 72,8 dan model pembelajaran kooperatif student team achivement division sebesar 64,2. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung > 1,99547 yaitu 3,115 > 1,99547. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif student teams achievement division. Kata kunci: Hasil Belajar Pada Materi Peristiwa Alam yang terjadi di Indonesia, Inkuiri, Student Teams Achievement Division date: 2018-06-04 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nurmaulida (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERISTIWA ALAM YANG TERJADI DI INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION Penelitian Eksperimen Quasi Pada Siswa Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri cilendek Timur 1 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6070/1/Cover%20Skripsweet.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6070/2/Lembar%20Pengesahan%20Skripsi%20Bismillah%20Yeay.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6070/3/Abstrak%20Skrpsi%20Bismillah.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6070/4/BAB%20I%20Skripsi%20Bismillah.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6070/5/BAB%20II%20Skripsi%20Bismillah.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6070/6/BAB%20III%20Skripsi%20Bismillah.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6070/7/BAB%20V%20Skripsi%20Bismillah.docx