eprintid: 6071 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/60/71 datestamp: 2022-11-11 02:18:01 lastmod: 2022-11-11 02:18:01 status_changed: 2022-11-11 02:18:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anggraini, Evita Putri creators_NPM: 037116053 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rostikawati, Teti contributors_name: Wijaya, Ade contributors_NIDN: 0018046003 contributors_NIDN: 0319097805 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK Penelitian Kualitatif Melalui Pendekatan Deskriptif Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang 03 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Evita Putri Anggraini. 037116053. Kesulitan Membaca Permulaan Pada Peserta Didik. Penelitian Kualitatif dengan pendekatan Studi Deskriptif. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmi Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini mendeskripsikan tentang kesulitan membaca permulaan pada peserta didik, subjek penelitian ini adalah 4 orang peserta didik yang mengalami kesulitan membaca permulaan di kelas III Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang 03 Kabupaten Bogor. Pelaksaan penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020-2021. ABD, MZA, TAW dan MZD sebagai subjek penelitian. Hasil dari penelitian yang dilakukan melalui observasi, wawancara dengan subjek, guru kelas dan orang tua menghasilkan bahwa Kesulitan Membaca Permulaan secara umum dari 4 peserta didik Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang 03 dipengaruhi oleh faktor internal, yaitu rendahnya minat dari diri peserta didik itu sendiri untuk belajar membaca, sehingga membuat peserta didik belum mampu mengidentifikasi huruf, seringkali lupa atau keliru, karena keterbatasan pengetahuannya tentang huruf. Solusi yang diberikan oleh guru yaitu memberikan upaya agar kemampuan membaca permulaan peserta didik meningkat, yaitu dengan memberikan tambahan pembelajaran membaca. Kata Kunci : Kesulitan Membaca Permulaan, Faktor Internal date: 2020-12-22 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Anggraini, Evita Putri (2020) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK Penelitian Kualitatif Melalui Pendekatan Deskriptif Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang 03 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6071/1/Hardcover%20Skripsi%20PGSD%20Evita%20%281%29.pdf