eprintid: 6073 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/60/73 datestamp: 2022-11-11 02:18:10 lastmod: 2022-11-11 02:18:10 status_changed: 2022-11-11 02:18:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Permata, Merinda Bintari Gita creators_NPM: 037113193 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anwar, Wawan Syahiril contributors_name: Sukmanasa, Elly contributors_NIDN: 0022096401 contributors_NIDN: 0429076901 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POSTER Studi ini dengan Studi Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibuluh 2 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2017/2018 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Merinda Bintari Gita Permata, 037113193. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penggunaan Media Poster pada siswa kelas V SDN Cibuluh 2 Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan, Bogor, 2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti.Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V melalui penggunaan media gambar poster pada materi adaptasi hewan dengan lingkungannya . Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cibuluh 2 Kota Bogor yang terdiri dari 42 siswa, dengan komposisi 25 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siklus pertama memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 60% dan hasil belajar siklus kedua memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 86%. Sedangkan kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama memperoleh nilai sebesar 75 dan pada siklus kedua meningkat menjadi 95. Begitu pula dengan hasil observasi perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus pertama yaitu 68, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai rata-rata sebesar 92. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar poster dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibuluh 2 Kota Bogor. Selain itu, media pembelajaan dan model pembelajaran ini dapat meningkatkan tanggung jawab, kerjasama, dan disiplin siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar; Media Poster, Ilmu Pengetahuan Alam date: 2018-02-02 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Permata, Merinda Bintari Gita (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POSTER Studi ini dengan Studi Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibuluh 2 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6073/1/COVER.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6073/2/LEMBAR%20PENGESAHAN%20SKRIPSI%20MERINDA.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6073/3/ABSTRAK%20MERINDA.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6073/4/BAB%20I.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6073/5/BAB%20II%20new.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6073/6/BAB%20III%20terbaru%201.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6073/7/BAB%20IV%20terbaru.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6073/8/BAB%20V%20terbaru.docx