eprintid: 6083 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/60/83 datestamp: 2022-11-11 02:18:51 lastmod: 2022-11-11 02:18:51 status_changed: 2022-11-11 02:18:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ramadan, Muhamad Sudrajat creators_NPM: 037113028 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Badruzzaman, Nedin contributors_name: Mulyawati, Yuli contributors_NIDN: 8807070018 contributors_NIDN: 0417057704 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Studi ini Dilakukan Dengan Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Katulampa 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Muhamad Sudrajat Ramadan NPM 037113028. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV Sekolah Dasar Negeri Katulampa 1 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan, Bogor 2018. Penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share, Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Katulampa 1 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor sebanyak 30 siswa dengan komposisi laki-laki 22 siswa dan perempuan 8 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar menunjukan adanya peningkatan yaitu pada siklus I memperoleh nilai 66,8 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 60% dan pada siklus II memperoleh nilai 91,4 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 87%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Katulampa 1 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Selain itu model pembelajaran Think pair Share dapat meningkatkan aktivitas serta keterampilan siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, TPS. date: 2018-12-05 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Ramadan, Muhamad Sudrajat (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Studi ini Dilakukan Dengan Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Katulampa 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6083/1/COVER.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6083/2/LEMBAR%20PENGESAHAN%20SKRIPSI%20GOOO%21%21.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6083/3/ABSTRAK.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6083/4/BAB%20I.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6083/5/BAB%20II.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6083/6/BAB%20III.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6083/7/BAB%20IV.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6083/8/BAB%20V.docx