eprintid: 6084 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/60/84 datestamp: 2022-11-11 02:18:55 lastmod: 2022-11-11 02:18:55 status_changed: 2022-11-11 02:18:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nellyta, Novia creators_NPM: 037114190 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tampubolon, Saur M. contributors_name: Safitri, Nurlinda contributors_NIDN: 0420025403 contributors_NIDN: 0419098004 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH PERSEPSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Penelitian Kausal di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukamaju 3 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Novia Nellyta, 037114190. Pengaruh Persepsi Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan jenis pendekatan kausal yang terdiri dari persepsi kecerdasan emosional sebagai variabel bebas dan motivasi belajar sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif antara persepsi kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A, IV B, dan IV C Sekolah Dasar Negeri Sukamaju 3 Kota Depok yang terdiri dari 51 sampel responden. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen penelitian ini berupa metode angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang bagaimana Persepsi Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Siswa. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Alpha Conbach. Uji prasyaratan analisis data menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, dan Linearitas. Teknis analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi linier Ŷ = (4,28 + 0,95X) berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel sebesar 173,23 > 2,021 menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang diartikan terdapat pengaruh positif antara Persepsi Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi Belajar Siswa. Adapun kekuatan hubungan ditunjukkan dengan koefesien korelasi = 0,98 termasuk kategori sangat kuat dan harga determinasi sebesar 96% yang berarti persepsi kecerdasan emosional berkontribusi terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk memperbaiki motivasi belajar siswa maka harus meningkatkan persepsi kecerdasan emosional pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukamaju 3 Kota Depok. Kata kunci : Persepsi Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar. date: 2018-05-04 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nellyta, Novia (2018) PENGARUH PERSEPSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Penelitian Kausal di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukamaju 3 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6084/1/1%20COVER.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6084/2/2%20Daftar%20isi%20lengkap.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6084/3/BAB%20I.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6084/5/BAB%20II%20.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6084/6/BAB%20III.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6084/7/BAB%20IV.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6084/8/BAB%20V.docx