eprintid: 6096 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/60/96 datestamp: 2022-11-11 02:23:33 lastmod: 2022-11-11 02:23:33 status_changed: 2022-11-11 02:23:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lestari, Hilda Gustiani creators_NPM: 037117127 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Irdiyansyah, Iyan contributors_name: Mulyawati, Yuli contributors_NIDN: 0417098603 contributors_NIDN: 0417057704 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Layungsari 2 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Hilda Gustiani Lestari, 037117127. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2022. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan dua kelas. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman kelas IV melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan Media Video di kelas eksperimen dan penerapan model pembelajaran STAD di kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Layungsari 2 yang terdiri dari 52 peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester Ganjil tahun pelajar 2022/2023. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata N-Gain dan ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 78 dengan ketuntasan hasil belajar 92,30%, sedangkan nilai rata�rata N-Gain pada kelompok kelas kontrol yaitu sebesar 65 dengan ketuntasan hasil belajar 80,76%. Hasil uji hipotesis menyatakan H0 ditolak dan Ha (Hipotesis alternative) diterima karena nilai thitung (3,217) > thitung (2,008) dengan dk 50 dan taraf signifikasi 0,05 (5%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning berantuan media Video terhadap hasil belajar subtema Bersyukur Atas Keberagaman dikelas IV Sekolah Dasar Negeri Layungsari 2 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Problem Based Learning dan media video. date: 2022-10-04 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Lestari, Hilda Gustiani (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Layungsari 2 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6096/1/Skripsi%20Hilda.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6096/2/Lembar%20Pengesahan.jpg document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6096/3/Bukti%20Pengesahan.jpg