%L eprintsunpak6105 %X HARTADI ANGGORO PAMUNGKAS. 022114287. Analisis Determinan Penetapan Harga Jual Kamar Hotel di Zest Hotel Bogor Tahun 2016. Dibawah bimbingan ARIEF TRI HARDIYANTO dan AMELIA RAHMI. 2018. Harga jual merupakan elemen yang sangat penting bagi perusahaan karena harga jual merupakan satu-satunya elemen yang mendatangkan pendapatan bagi perusahaan, sehingga harga jual harus ditetapkan secara tepat. Untuk menetapkan harga secara tepat, diperlukan determinan yang tepat pula. Dalam keadaan normal harga jual harus mampu menutupi biaya penuh dan menghasilkan laba yang sepadan dengan investasi, sehingga secara teori determinan penetapan harga jual adalah biaya dan laba normal. Pada praktek penetapan harga jual kamar hotel di Zest Hotel Bogor yang disebut dynamic pricing, perusahaan menggunakan analisis pesaing dan analisis okupansi sebagai determinan penetapan harga jual kamar hotel, sehingga terdapat kesenjangan antara teori dan praktek. Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan kinerja analisis pesaing dan analisis okupansi sebagai determinan penetapan harga jual dibandingkan dengan biaya dan laba normal sebagai determinan penetapan harga jual dilihat dari segi harga jual dan pendapatan laba. Penelitian mengenai determinan penetapan harga jual dilakukan pada Zest Hotel Bogor yang beralamat di Jl. Pajajaran No. 27, Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, dengan menggunakan data harga jual, biaya, jumlah hunian, investasi, dan target laba tahun 2016, metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif non-statistik yang terdiri dari beberapa langkah yaitu mengklasifikasikan biaya sesuai dengan perilaku, penetapan harga jual dengan normal pricing, menghitung perubahan pendapatan, dan menghitung perubahan laba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis pesaing dan analisis okupansi sebagai determinan penetapan harga jual menghasilkan harga yang sudah memenuhi target laba perusahaan tetapi belum mampu mencapai laba yang sepadan dengan investasi perusahaan, biaya dan laba normal sebagai determinan penetapan harga jual menghasilkan harga dengan laba yang lebih baik dibandingkan harga yang dihasilkan analisis pesaing dan analisis okupansi sebagai determinan penetapan harga jual. Saran yang diberikan untuk perusahaan yaitu sebaiknya perusahaan menggunakan biaya dan laba normal sebagai determinan penetapan harga jual untuk memperoleh laba yang lebih tinggi dan sepadan dengan investasi, dan jika perusahaan ingin tetap menerapkan penetapan harga dynamic pricing maka perusahaan perlu membuat rate structure atau struktur harga yang lebih baik dengan menggunakan informasi biaya penuh dan laba normal yang sepadan dengan investasi. Penelitian ini hanya terbatas pada determinan penetapan harga jual, sehingga disarankan dilakukan penelitian lanjutan yang masih berhubungan, untuk menyempurnakan penelitian ini. Kata Kunci: Determinan Penetapan Harga Jual, Harga, Pendapatan Laba %D 2018 %T Analisis Determinan Penetapan Harga Jual Kamar Hotel di Zest Hotel Bogor Tahun 2016 %I Universitas Pakuan %A Hartadi Anggoro Pamungkas %A Arief Tri Hardiyanto %A Amelia Rahmi