relation: http://eprints.unpak.ac.id/6106/ title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 08 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 creator: Putri, Dewilia Nurvitar subject: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR description: Dewilia Nurvitar Putri. 037118151. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri 08 Kota Batu. Subyek penelitian siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 08 Kabupaten Bogor yang terdiri dari 54 Siswa, penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa subtema keunikan daerah tempat tinggalku. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 76, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 60. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 100% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 74%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (21,2885) > (ttabel 2,00665). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa subtema keunikan daerah tempat tinggalku. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video, sehingga penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: Problem Based Learning, Media Video, Hasil Belajar date: 2022-07-09 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6106/1/SKRIPSI%20REVISI%20DEWILIA.pdf identifier: Putri, Dewilia Nurvitar (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 08 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.