%X Muhamad Eri Pebriansyah: Analisis Nilai Moral dalam Novel Dilan 1991 Karya Pidi Baiq Sebagai Upaya Pengayaan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2021. Novel merupakan bagian dari karya sastra yang mengandung rangkaian cerita kehidupan tokoh beserta orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat serta dilengkapi serangkaian peristiwa, latar, dan alur secara tersusun. Tulisan ini akan membahas nilai moral dalam novel Dilan 1991 karya Pidi Baiq berdasarkan aspek hubungan-hubungan manusia. Fokus penelitian ini adalah analisis nilai moral dalam novel Dilan 1991 karya Pidi Baiq dan implikasi hasil kajian nilai moral terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai moral dalam novel Dilan 1991 karya Pidi Baiq dan mengetahui implikasi hasil kajian nilai moral dalam novel terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Data yang digunakan berupa kutipan, kalimat, serta paragraf yang menunjukkan nilai moral dalam novel Dilan 1991 karya Pidi Baiq. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kajian nilai moral dapat dilihat melalui aspek hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial termasuk hubungannya dengan lingkungan alam, dan hubungan manusia dengan Tuhan. Hubungan manusia dengan diri sendiri dapat ditunjukkan dari pengendalian diri. Hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial termasuk hubungannya dengan lingkungan alam dapat ditunjukkan dari sikap tolong-menolong. Hubungan manusia dengan Tuhan dapat ditunjukkan dari kepatuhan dan keyakinan terhadap Tuhannya. Kata Kunci : Karya Sastra, Novel, Nilai Moral. %I Universitas Pakuan %D 2021 %A Muhamad Eri Pebriansyah %L eprintsunpak6108 %T ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL DILAN 1991 KARYA PIDI BAIQ SEBAGAI UPAYA PENGAYAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA