<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ARGUMENT\r\nMAPPING PADA MATERI PERUBAHAN\r\nLINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA"^^ . "Mutia Sri Rahayu. 03117038. Pengembangan E-LKPD Berbasis Argument\r\nMapping pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan\r\nKeterampilan Argumentasi Siswa. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di\r\nbawah bimbingan Rita Istiana, M.Si., M.Pd. dan Desti Herawati M.Pd.\r\nKemampuan argumentasi saat ini merupakan hal yang penting dalam\r\npembelajaran sains karena menjadikan siswa mampu mentransfer pengetahuannya\r\ndalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembanngkan E�LKPD berbasis argument mapping submateri penanganan limbah untuk\r\nmeningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Desain yang digunakan dalam\r\npenelitian ini adalah desain ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan\r\nDesember sampai dengan Oktober 2021. Populasi dan sampel pada penelitian ini\r\nadalah peserta didik SMAN 04 Bogor Kelas X MIPA 6 tahun akademik\r\n2021/2022 sebanyak 36 siswa. Pelaksanaan uji coba dilakukan menggunakan one\r\ngroup pretest-posttest dengan instrumen soal essay. Implementasi E-LKPD\r\nberbasis argument mapping menggunakan metode diskusi. Hasil penelitian\r\nmenunjukan bahwa tergumentasi siswa dilihat dari level argumentasi siswa yang\r\nmeningkat pada level argumentasi 4 dan 5 pada pretest-posttest dengan presentasi\r\nberturut turut dari 5% menjadi 17% dan dari 0% menjadi 56%. Kemudian adanya\r\npenurunan level argumentasi 2 dan 3 yang sebelum diimplementasikan E-LKPD\r\npada pretest didapatkan presentase berturut-turut 59% dan 36% menjadi 6% dan\r\n21% dikarenakan argument mapping membantu siswa dalam menulis argumentasi\r\ndengan struktur yang lebih baik, sedangkan pada level argumentasi 1 tetap 0%\r\npada pretest-posttest siswa. Level argumentasi diidentifikasi menggunakan\r\nToulmin Argumentation Pattern (TAP). Keefektifan E-LKPD berbasis Argument\r\nmapping pada kemampuan argumentasi siswa dapat dilihat pula dengan kenaikan\r\nN-gain dengan nilai 0,61 termasuk dalam kategori cukup efektik karena (g)>0,30.\r\nKata kunci : Argument mapping, keterampilan argumentasi, perubahan\r\nlingkungan."^^ . "2022-08-05" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Biologi, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Mutia Sri"^^ . "Rahayu"^^ . "Mutia Sri Rahayu"^^ . . "Rita"^^ . "Istiana"^^ . "Rita Istiana"^^ . . "Desti"^^ . "Herawati"^^ . "Desti Herawati"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Biologi"^^ . . . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ARGUMENT\r\nMAPPING PADA MATERI PERUBAHAN\r\nLINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA (Text)"^^ . . . "Skripsi_Mutia Sri Rahayu_036117038_BSY_PDF_FIX.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ARGUMENT\r\nMAPPING PADA MATERI PERUBAHAN\r\nLINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #6109 \n\nPENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ARGUMENT \nMAPPING PADA MATERI PERUBAHAN \nLINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \nKETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BIOLOGI" . .