%0 Thesis %9 Skripsi %A Permatasari, Annisa Indah %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Guru Sekolah Dasar, %B PGSD %D 2022 %F eprintsunpak:6112 %I Universitas Pakuan %T PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA SIKAP KEPAHLAWANAN Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup pada peserta didik kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Puspanegara 03 Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022 %U http://eprints.unpak.ac.id/6112/ %X Annisa Indah Permatasari. 037117149. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Sikap Kepahlawanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen quasi desain dua grup. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar subtema sikap kepahlawanan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Puspanegara 03 Kabupaten Bogor yang terdiri dari 59 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa pilihan ganda sebanyak 26 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Sikap Kepahlawanan. Hal ini dapat dilihat dari N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar (74) yang termasuk kriteria tinggi, sedangkan pada kelompok kelas kontrol mendapat nilai N-Gain sebesar (55) yang termasuk kriteria sedang. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok kelas eksperimen sebesar (87%), sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar (62%). Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (4,570603) > ttabel (2,002465). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar subtema sikap kepahlawanan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Puspanegara 03 Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran discovery learning yang melibatkan keaktifan dan kemandirian peserta didik terhadap hasil belajar. Kata kunci: Hasil Belajar; Model Discovery Learning.