TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/6113/ Y1 - 2022/06/23/ M1 - Skripsi ID - eprintsunpak6113 N2 - Layli Putri Arfianti Harahap, 037118123. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Mentimeter Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen quasi desain dua grup di SDN Lawanggintung 1 Kota Bogor. Subyek penelitian siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kota Bogor yang terdiri dari 58 siswa, penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hasil belajar matematika materi penyajian data. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 73, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 68. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 100% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 96%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (4,29258) > ttabel (2,00324). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan penerapan model problem based learning berbantuan media mentimeter terhadap hasil belajar matematika materi penyajian data. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model problem based learning, sehingga penerapan model problem based learning dan media mentimeter yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Problem Based Learning, Mentimeter, Hasil Belajar. A1 - Harahap, Layli Putri Arfianti TI - PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MENTIMETER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 AV - public PB - Universitas Pakuan ER -