@phdthesis{eprintsunpak6115, year = {2021}, school = {Universitas Pakuan}, month = {June}, author = {Rangga Pratama and Yuyun Elizabeth Patras and Nita Karmila}, title = {PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR Penelitian Kausal Siswa di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciadeg 02 Kabupaten Bogor Semester GenapTahun Ajaran 2021/2022}, abstract = {Rangga Pratama 037114359 Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Motivasi Belajar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh interaksi social terhadap motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciadeg 02 Kabupaten Bogor. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh interaksi social terhadap motivasi belajar. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu {\^Y} = 57,92 + 0,49X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 4,008. Sedangkan koefisien determinasi sebesar16\%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana interaksi sosial dengan motivasi belajar menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu {\^Y} = 57,92 + 0,49X\}, yang berarti setiap kenaikan unit interaksi sosial menyebabkan kenaikan motivasi belajar sebesar 0,49 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara interaksi sosial terhadap motivasi belajar kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ciadeg 02 Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2021/2022. Kata kunci : Interaksi Sosial dan Motivasi Belajar}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/6115/} }