eprintid: 6115 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/61/15 datestamp: 2022-11-11 02:50:27 lastmod: 2022-11-11 02:50:50 status_changed: 2022-11-11 02:50:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratama, Rangga creators_name: Patras, Yuyun Elizabeth creators_name: Karmila, Nita creators_NPM: 037114359 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Patras, Yuyun Elizabeth contributors_name: Karmila, Nita contributors_NIDN: 0427077704 contributors_NIDN: 0425128802 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR Penelitian Kausal Siswa di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciadeg 02 Kabupaten Bogor Semester GenapTahun Ajaran 2021/2022 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Rangga Pratama 037114359 Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Motivasi Belajar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh interaksi social terhadap motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciadeg 02 Kabupaten Bogor. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh interaksi social terhadap motivasi belajar. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 57,92 + 0,49X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 4,008. Sedangkan koefisien determinasi sebesar16%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana interaksi sosial dengan motivasi belajar menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 57,92 + 0,49X}, yang berarti setiap kenaikan unit interaksi sosial menyebabkan kenaikan motivasi belajar sebesar 0,49 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara interaksi sosial terhadap motivasi belajar kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ciadeg 02 Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2021/2022. Kata kunci : Interaksi Sosial dan Motivasi Belajar date: 2021-06-05 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Pratama, Rangga and Patras, Yuyun Elizabeth and Karmila, Nita (2021) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR Penelitian Kausal Siswa di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciadeg 02 Kabupaten Bogor Semester GenapTahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6115/1/SKRIPSI%20RANGGA%20PRATAMA-1.pdf