<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW\r\n\r\nStudi ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 6 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020"^^ . "Feby Ramadhan, NPM. 037113236. Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode Kooperatif Jigsaw pada siswa kelas V sekolah dasar Negeri Bantarjati 6. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. 2019. Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V melalui penerapan metode Kooperatif Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Negeri kelas V yang terdiri dari 34 siswa, dengan komposisi laki-laki 20 siswa dan perempuan 14 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester Genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus pertama memperoleh ketuntasan belajar sebesar 61,76% dengan nilai rata-rata 68sedangkan pada siklus kedua memperoleh ketuntasan belajar sebesar 88,23% dengan nilai rata-rata 86,7. Begitupula dengan observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan pada partisipasi dan aktifitas siswa dengan memperoleh nilai pada siklus pertama yaitu 69,28, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai 84,07. Sedangkan pada kualitas proses pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,29dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 85. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan moetode Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 6 Kota Bogor. Selain itu, metode Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan partisipasi dan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran.\r\n\r\n\r\nKata kunci: Hasil Belajar, Metode Kooperatif Jigsaw, Ilmu Pengetahuan Alam."^^ . "2020-04-05" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PGSD, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Feby"^^ . "Ramadhan"^^ . "Feby Ramadhan"^^ . . "Irvan"^^ . "Permana"^^ . "Irvan Permana"^^ . . "Yuyun Elizabeth"^^ . "Patras"^^ . "Yuyun Elizabeth Patras"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar"^^ . . . . . . . "PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW\r\n\r\nStudi ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 6 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020 (Text)"^^ . . . "SKRIPSI.docx"^^ . . . "PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW\r\n\r\nStudi ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 6 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #6117 \n\nPENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW \n \nStudi ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 6 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR" . .