eprintid: 6117 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/61/17 datestamp: 2022-11-11 06:28:10 lastmod: 2022-11-11 06:28:10 status_changed: 2022-11-11 06:28:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ramadhan, Feby creators_NPM: 037113236 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Patras, Yuyun Elizabeth contributors_name: Permana, Irvan contributors_NIDN: 0427077704 contributors_NIDN: 0419047702 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW Studi ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 6 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Feby Ramadhan, NPM. 037113236. Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode Kooperatif Jigsaw pada siswa kelas V sekolah dasar Negeri Bantarjati 6. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. 2019. Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V melalui penerapan metode Kooperatif Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Negeri kelas V yang terdiri dari 34 siswa, dengan komposisi laki-laki 20 siswa dan perempuan 14 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester Genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus pertama memperoleh ketuntasan belajar sebesar 61,76% dengan nilai rata-rata 68sedangkan pada siklus kedua memperoleh ketuntasan belajar sebesar 88,23% dengan nilai rata-rata 86,7. Begitupula dengan observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan pada partisipasi dan aktifitas siswa dengan memperoleh nilai pada siklus pertama yaitu 69,28, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai 84,07. Sedangkan pada kualitas proses pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,29dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 85. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan moetode Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 6 Kota Bogor. Selain itu, metode Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan partisipasi dan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Kooperatif Jigsaw, Ilmu Pengetahuan Alam. date: 2020-04-05 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Ramadhan, Feby (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW Studi ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 6 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6117/1/SKRIPSI.docx