eprintid: 6118 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/61/18 datestamp: 2022-11-11 06:28:06 lastmod: 2022-11-11 06:28:06 status_changed: 2022-11-11 06:28:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Savitri, Tiara creators_NPM: 037114001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Patras, Yuyun Elizabeth contributors_name: Purnamasari, Ratih contributors_NIDN: 0427077704 contributors_NIDN: 0406068603 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi Penelitian Kausal pada Kelas IVA, IVB dan IVC Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Tiara Savitri. 037114001. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Metode Resign dalam penelitian ini menggunakan metode survey. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel Media Animasi dan hasil belajar matematika. Uji validitas instrumen hasil belajar siswa dihitung menggunakan koefisien Korelasi Point Biserial dan instrumen media animasi dihitung menggunakan rumus Product Moment Pearson. Untuk uji reliabilitas variabel hasil belajar dihitung menggunakan rumus Kuder Richardson (KR-20) dan variabel media animasi dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 108 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 52 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,61 dan diperoleh thitung sebesar 5,46. Ini menunjukan adanya pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,37 atau sebesar 37%. Hal ini berarti nilai hasil belajar siswa sebesar 37% ditentukan oleh pengelolaan kelas, melalui persamaan regresi Ŷ = 3,24+0,89X Sisanya sebanyak 63% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara media animasi terhadap hasil belajar siswa. Hal ini menunjukan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa harus memperhatikan penggunaan media animasi. Kata kunci : Media Animasi, Hasil Belajar Siswa, Matematika date: 2018-05-24 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Savitri, Tiara (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi Penelitian Kausal pada Kelas IVA, IVB dan IVC Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6118/1/COVER.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6118/2/LEMBAR%20PENGESAHAN%20SKRIPSI%20dan%20SEGALA%20MACAMNYA.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6118/3/BAB%20I.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6118/4/BAB%20II.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6118/5/BAB%20III.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6118/6/BAB%20IV.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6118/7/BAB%20V.docx