eprintid: 6119 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/61/19 datestamp: 2022-11-11 06:28:01 lastmod: 2022-11-11 06:28:01 status_changed: 2022-11-11 06:28:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Oktaviani, Nita creators_NPM: 037113400 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anwar, Wawan Syahiril contributors_name: Sukmanasa, Elly contributors_NIDN: 0022096401 contributors_NIDN: 0429076901 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cijayanti 07 Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016 / 2017 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Nita Oktaviani 037113400 Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Melalaui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cijayanti 07 Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana peneliti bertindak sebagai pengajar dan guru sebagai tim kolaboraotor sebagai pengamat/observer. Prosedur penelitian ini dilaksanakan bersiklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Pelaksanaan tindakan ini dilakuakan dua siklus, dimana setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Setelah diterapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) hasil belajar matematika meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 77,5 dengan interpretasi cukup dan meningkat pada siklus 2 menjadi 89,75 dengan interpretasi baik, begitu pula dengan hasil observasi perubahan perilaku siswa menunjukan peningkatan, pada siklus I sebesar 72,75 dengan interpretasi cukup dan meningkat pada siklus 2 menjadi 88,73 dengan interpretasi baik. Hasil belajar juga meningkat dari siklus I yang mendapatkan rata-rata 54,62 dengan ketuntasan sebesar 53,85% dari 26 siswa terdapat 14 siswa yang tuntas dan 12 siswa belum mencapai KKM, pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata menjadi 90,26 dengan ketuntasan sebesar 92,31% dari 26 siswa terdapat 24 siswa telah tuntas dan 2 siswa belum tuntas. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cijayanti 07 Kecamatan Babakan Madang Bogor. date: 2017-06-05 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Oktaviani, Nita (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cijayanti 07 Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6119/1/01%20SKRIPSI%20COVER%20SKRIPSI%20STAD.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6119/2/02%20SKRIPSI%20LEMBAR%20PENGESAHAN%201.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6119/3/05%20SKRIPSI%20ABSTRAK.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6119/4/SKRIPSI%20FIX%20BAB%201%20SKRIPSI%20STAD.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6119/5/SKRIPSI%20FIX%20BAB%20II%20SKRIPSI%20STAD.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6119/6/SKRIPSI%20FIX%20BAB%20III%20SKRIPSI%20STAD.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6119/7/SKRIPSI%20BAB%204.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6119/8/SKRIPSI%20BAB%205%20STAD.pdf