relation: http://eprints.unpak.ac.id/6140/ title: Strategi Redaksi Radio Elshinta 90 FM dalam Penyajian Berita pada Program News and Talk creator: firmansyah, Erlangga creator: Duryatmo, Sardi creator: Satriani, Imani subject: ILMU KOMUNIKASI subject: Penyiaran description: Radio Elshinta 90 FM mengudara menyiaran program berita dan informasi selama 24 jam penuh. Keberhasilan suatu program siaran ditentukan oleh bagaimana program yang disiarkan dapat diterima oleh masyarakat dan menarik banyak jumlah pendengar. Seperti diketahui sebelumnya bahwa setiap program yang disiarkan memiliki jam siar dan target audience tertentu, menyiarkan program sesuai kebutuhan masyarakat dengan memberikan berita dan informasi, untuk tetap bersaing dengan radio ibu kota lainnya dengan membuat berbagai program kreatif dan inovatif, untuk merebut dan mempertahankan jumlah pendengar hingga menjadi sumber berita dan informasi terpercaya. Penelitian ini bertujuan mengetahui Radio Elshinta 90 FM menyiarkan berita dan informasi selama 24 jam penuh pada program News and Talk, mulai strategi redaksi dalam penyajian berita yang disiarkan dalam program News and Talk. Tentu menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini, yang sebagaimana Radio Elshinta 90 FM menyusun strategi redaksi dalam penyajian berita selama 24 jam penuh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi radio Elshinta 90 FM dalam menyajikan berita salam 24 jam pada program News and Talk, menyajikan berita ke dalam 5 edisi dengan siaran langsung tanpa memutarkan lagu sama sekali. Menjalankan proses rapat redaksi perencanaan dalam menentukan materi siaran di setiap edisi, penulisan naskah yang berfokus kepada pemberitaan dan pembawaan yang disesuaikan, mengemas berita dalam maupun luar negeri untuk konsumsi publik, schingga mendapat jumlah pendengar setia sebanyak 2.8 juta. Hasil penelitian yang didapatkan, strategi redaksi radio Elshinta dalam penyajian berita pada program News and Talk menyiarkan berita dalam lima edisi jam siaran. Edisi siaran pagi, edisi siaran siang, edisi siaran sore, edisi siaran malam, dan edisi siaran dini hari dan tentunya dengan format siaran langsung yang selalu membawakan jenis-jenis berita, Straight News, Depth News, Opinion News, Interpretative News dan jenis berita lainnya. Berita yang disajikan harus berdasarkan perencanaan saat proses rapat redaksi yang diikuti oleh produser, eksekutif produser, koordinator liputan, reporter, dan listener service yang merupakan bagian-bagian penting dalam rapat keredaksian dalam menentukan dan menyajikannya. Berita yang disiarkan langsung dari berbagai daerah dan kota-kota besar di Indonesia hal ini ada dalam CBO (Centralizing Broadcast Operations) yang diisi oleh kota- kota besar di Indonesia yang juga mewakili radio-radio daerah di kota besar seperti, Bandung, Tegal, Semarang, Surabaya, Medan, Lampung, Palembang, Dan Sekayu, Sumatera Selatan. Radio Elshinta juga merupakan kantor berita yang selalu menyiarkan peristiwa yang terjadi disekitar masyarakat dan juga Elshinta sebagai radio yang mewadahi kepedulian terhadap masyarakat yang mengalami musibah dengan membentuk Elshinta peduli kemanusiaan membantu korban bencana alam dan musibah. Membantu meringankan beban kehidupan kaum miskin yang sering menjadi objek pemberitaan media. date: 2022-07 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6140/1/Erlangga%20firmansyah-044117022.pdf identifier: firmansyah, Erlangga and Duryatmo, Sardi and Satriani, Imani (2022) Strategi Redaksi Radio Elshinta 90 FM dalam Penyajian Berita pada Program News and Talk. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.