%X ABSTRAK Tiara Nurul Ramadhan. 037114038. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Media Animasi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. 2018. Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas, serta dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan media animasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bojongkopi yang terdiri dari 56 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 54%, siklus II sebesar 69%, dan siklus III sebesar 87%. Begitu pula dengan penilaian proses pembelajaran pada siklus I sebesar 64%, siklus II sebesar 80%, dan siklus III sebesar 90%. Sedangkan hasil observasi sikap siswa memperoleh nilai pada siklus I yaitu 68, siklus II yaitu 84, dan siklus III yaitu 89, dan pada hasil observasi keterampilan siswa memperoleh nilai pada siklus I yaitu 69, siklus II yaitu 84, dan siklus III yaitu 89. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan media animasi dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri Bojongkopi Kabupaten Sukabumi Semester II tahun pelajaran 2017/2018. Selain itu, dapat meningkatkan sikap dan keterampilan siswa. Kata Kunci : Media Pembelajaran Animasi, Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. %I Universitas Pakuan %D 2018 %A Tiara Nurul Ramadhan %L eprintsunpak6153 %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bojongkopi Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018