eprintid: 6154 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/61/54 datestamp: 2022-11-15 04:16:28 lastmod: 2022-11-15 04:16:28 status_changed: 2022-11-15 04:16:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suryani, Liris creators_NPM: 037114352 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anwar, Wawan Syahiril contributors_name: Munarti, Munarti corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH PERSEPSI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Padurenan Jaya Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Liris Suryani. 037114352. Pengaruh Persepsi Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan peneliatian kuantitatif asosiatif dengan jenis pendekatan kausal yang terdiri dari persepsi kecerdasan logis matematis sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif antara persepsi kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Padurenan Jaya Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor yang terdiri dari 41 sampel responden. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen penelitian ini berupa metode angket dan soal pilihan ganda. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang Persepsi Kecerdasan Logis Matematis dan soal pilihan ganda digunakan untuk mengumpulkan data Hasil Belajar Matematika. Uji validitas instrumen persepsi kecerdasan logis matematis menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan uji validitas instrumen hasil belajar matematika menggunakan rumus Point Biserial dan uji reliabilitas menggunakan rumus Kuder Richardson, kemudian uji tingkat kesukaran butir soal dan menghitung daya pembeda tiap butir soal. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,95 dengan koefisien determinasi sebesar 90,25%. Hal ini berarti nilai persepsi kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika sebesar 90,25% melalui persamaan regresi Y ̂=(−49,677+1,037X). Persyaratan uji hipotesis statistik; H0:ρy=0 (tidak terdapat pengaruh antara persepsi kecerdasan logis matematis (X) terhadap hasil belajar matematika (Y)); Hα:ρy>0 (terdapat pengaruh antara persepsi kecerdasan logis matematis (X) terhadap hasil belajar matematika (Y)). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci : persepsi kecerdasan logis matematis dan hasil belajar date: 2018 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Suryani, Liris (2018) PENGARUH PERSEPSI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Padurenan Jaya Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6154/1/COVER.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6154/2/ABSTRAK.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6154/3/BAB%20I.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6154/4/BAB%20II.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6154/5/BAB%20III.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6154/6/BAB%20IV.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6154/7/BAB%20V.docx