%0 Thesis %9 Skripsi %A Nihayatun Illahiyah, Arika %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Guru Sekolah Dasar, %B PGSD %D 2020 %F eprintsunpak:6156 %I Universitas Pakuan %T ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KESULITAN BERHITUNG Metode Deskriptif dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kedung Badak 01 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 %U http://eprints.unpak.ac.id/6156/ %X ABSTRAK Arika Nihayatun Illahiyah. 037116039. Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Kesulitan Berhitung. Penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Tujuan mendeskripsikan mengenai gaya belajar peserta didik kesulitan berhitung. Subjek penelitian ini adalah 5 peserta didik yang diteliti di kelas IV B Sekolah Dasar Negeri Kedung Badak 01 Kota Bogor. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020-2021. Subjek penelitian terdiri dari 5 peserta didik. Peserta didik lebih mengandalkan indera penglihatannya daripada indera pendengarannya ketika saat belajar. Hal ini disebabkan karena peserta didik menyukai belajar dengan cara melihat guru yang sedang menjelaskan. Maupun setiap peserta didik mengalami gaya belajar yang berbeda-beda tetapi mereka tetap berkerja sama dan saling melengkapi dalam mengerjarkan tugas secara berkelompok/diskusi. Peserta didik yang diteliti tentang gaya belajar peserta didik kesulitan berhitung ternyata sering mengalami kesulitan berhitung pada mata pelajaran matematika. Kesulitan tersebut adalah faktor tidak hafal perkalian. Tidak hanya tidak hafal perkalian terkadang peserta didik masing sering tertukar dan masih kurang memahami simbol–simbol dalam pelajaran matematika seperti lebih besar (>) lebih kecil (<). Kata Kunci: Gaya Belajar, Kesulitan Berhitung.