%A Hendrika Yuman Jaya %I Universitas Pakuan %D 2018 %X ABSTRAK Hendrika Yuman Jaya. 037112159. Peran Guru sebagai Motivator dalam Membentuk Karakter Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas pakuan Bogor 2018. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan dan perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperoleh keabsahan data. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan temuan pada peran guru sebagai motivator dalam membentuk karakter siswa. Subyek penelitian ini adalah guru kelas V di Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan karakter siswa secara berkelanjutan sehingga dapat memperoleh hasil yang memuaskan sesuai harapan guru tersebut. Penggunaan metode pemberian reward dalam bentuk bintang di pohon apel yang siswa buat sendiri membuahkan hasil dari pembentukan karakter dalam mengikuti peraturan di kelas. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam membentuk karakter siswa tidak telepas bagaimana cara/metode guru menjadi sosok seorang guru yang baik yang mampu membimbing dan membentuk karakter siswa-siswanya. Kata kunci: Peran Guru, Motivasi, dan Karakter Siswa %L eprintsunpak6173 %T PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA Studi Kasusini dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif pada Guru Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018