relation: http://eprints.unpak.ac.id/6183/ title: HUBUNGAN HASIL BELAJAR KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN KESADARAN BERKELANJUTAN SISWA creator: Puji Lestari, Devy subject: PENDIDIKAN BIOLOGI description: ABSTRAK Devy Puji Lestari. 036117001. Hubungan Hasil Belajar Konsep Pencemaran Lingkungan Dengan Kesadaran Berkelanjutan Siswa. Skripsi.Universitas Pakuan Bogor. dibawah bimbingan Oding Sunardi dan Suci Siti Lahtifah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar biologi pada siswa sekolah menengah atas di Kecamatan Sukmajaya. Penelitian ini termasuk penelitian Korelasi melalui pendekatana kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA YAPEMRI DEPOK Sampel yang digunakan sebanyak 50 siswa, yang diperoleh menggunakan rumus Product Moment Pearson. Validasi instrumen hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik hubungan analisis regresi sederhana dengan Ŷ = 63,46+0,32X yang berarti hubungan fungsional adalah signifikan. Dalam penelitian ini, setiap kenaikan satu unit Hasil Belajar Konsep Pencemaran Lingkungan akan meningkatkan Kesadaran Berkelanjutan Siswa sebesar 0,32 unit. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa(rxy) sebesar 0,649 yang berarti terdapat hubungan antara variabel kuat, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,42 yang berarti Hasil Belajar Konsep Pencemaran Lingkungan berkontribusi 42% terhadap Kesadaran Berkelanjutan Siswa. Sisanya sebanyak 48% ditentukan oleh faktor lain seperti kedisiplinan siswa, keteladan guru dan orang tua. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Hasil Belajar Konsep Pencemaran Lingkungan dengan Kesadaran Berkelanjutan Siswa. Kata Kunci: hasil belajar, konsep pencemaran lingkungan dan kesadaran berkelanjutan siswa date: 2022 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6183/1/SKRIPSI%20SUDAH%20DIACC.docx identifier: Puji Lestari, Devy (2022) HUBUNGAN HASIL BELAJAR KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN KESADARAN BERKELANJUTAN SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.