eprintid: 6187 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/61/87 datestamp: 2022-11-18 01:44:39 lastmod: 2022-11-18 01:44:39 status_changed: 2022-11-18 01:44:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurviana, Salsabila creators_NPM: 036114099 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sujihati, Suci contributors_name: Istiana, Rita corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: ANALISIS PERILAKU KONSUMERISME HIJAU DITINJAU MELALUI BUDAYA LINGKUNGAN ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: ABSTRAK SALSABILA NURVIANA. 036114099. ANALISIS PERILAKU KONSUMERISME HIJAU DITINJAU MELALUI BUDAYA LINGKUNGAN. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Susi Sutjihati, M.Si dan Rita Istiana S.Si, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian Mixed Method-Explanatory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara budaya lingkungan dengan perilaku konsumerisme hijau untuk mendeskripsikan faktor lain yang mempengaruhi perilaku konsumerisme hijau dengan budaya lingkungan. penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga bulan Oktober 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Mipa 1 sampai X Mipa 6 di SMA Negeri 7 Bogor dan SMA Negeri 8 Bogor dengan jumlah 212 siswa. Uji validitas kedua variabel instrumen non tes menggunakan rumus Product momen pearson dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas uji Liliefors atay Y atas X menunjukkan galat baku normal. Selanjutnya dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Barlett menunjukkan populasi bersifat homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan positif yang rendah antara perilaku konsumerisme hijau dengan budaya lingkungan dengan persamaan regresi Ŷ = 48,781 + 0,2422x. Koefisien regresi (r) sebesar 0,251 dengan koefisien determinasi (r2) sebesar 6,3%. Artinya kenaikan atau penurunan perilaku konsumerisme hijau dapat ditentukan oleh budaya lingkungan sebesar 6,3% sedangkan 93,7% sisanya merupakan faktor lain. Analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan melalui 19 informan dengan menggunakan Purposive Sampling. Berdasarkan hasi wawancara rendahnya hubungan antara perilaku konsumerisme hijau dengan budaya lingkungan dikarenakan oleh seseorang yang tidak memiliki keyakinan terhadap prinsip-prinsip konsumerisme hijau, kepedulian seseorang terhadap lingkungan, pengetahuan tentang ramah lingkungan, kesadaran yang ada dalam diri konsumen dan gaya hidup seseorang. Faktor lain yang mempengaruhi perilaku konsumerisme hijau selain budaya lingkungan yaitu pengetahuan, kesadaran diri, sikap lingkungan, keyakinan, gaya hidup dan pengalaman seseorang. Kata kunci : Perilaku konsumerisme hijau, Budaya lingkungan date: 2018 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nurviana, Salsabila (2018) ANALISIS PERILAKU KONSUMERISME HIJAU DITINJAU MELALUI BUDAYA LINGKUNGAN. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6187/1/SKRIPSI%20SALSABILA%20NURVIANA%20036114099.doc