%0 Thesis %9 Skripsi %A Yunita, Nuraini %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, %B PBSI %D 2022 %F eprintsunpak:6192 %I Universitas Pakuan %T PENGGUNAAN MEDIA PAPAN CERITA (STORYBOARD) DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP MADANI KABUPATEN BOGOR %U http://eprints.unpak.ac.id/6192/ %X ABSTRAK Nuraini Yunita. 032118061. Penerapan Media Papan Cerita (Storyboard) dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas VII SMP Madani Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan Rina Rosdiana, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa di SMP Madani Kabupaten Bogor dalam menulis teks narasi menggunakan media papan cerita (storyboard), dan untuk mengetahui penerapan media papan cerita (storyboard) dalam pembelajaran keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII di SMP Madani Kabupaten Bogor. Teknik pengumpulan data, yaitu tes, angket, dan pengamatan observasi. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VII-1 dan VII-2 di SMP Madani Kabupaten Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Hipotesis penelitian ini adalah, pertama media papan cerita (storyboard) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII di SMP Madani Kabupaten Bogor dapat teruji kebenarannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perlakuan dengan data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 30,8. Dari data tersebut dapat diketahui keterampilan siswa berada dalam taraf tidak mampu menulis teks narasi, sementara hasil pascates memproleh nilai rata-rata 81,57 dengan taraf kemampuan siswa mampu. Jadi terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 51.00. Kemudian hasil perhitungan uji-t, diperoleh harga thitung = 5,5 dan db = 67. Diperoleh harga t0,01 = 2,38 dan harga t0,05 = 1,66. Dengan demikian, ttabel jauh lebih besar daripada thitung atau harga ttabel signifikan karena nilai ttabel > thitung, yaitu 1,66<5,5>2,38. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Kata kunci : Keterampilan menulis teks narasi, media papan cerita (storyboard).