eprintid: 6193 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/61/93 datestamp: 2022-11-18 01:45:02 lastmod: 2022-11-18 01:45:02 status_changed: 2022-11-18 01:45:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Damayanti Pandiangan, Lucia creators_NPM: 0321116087 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sarimanah, Sarimanah contributors_name: Suhendra, Suhendra corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia title: ANALISIS KESESUAIAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEKS IKLAN KELAS VIII SMP KOTA/KABUPATEN BOGOR ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: ABSTRAK Lucia Damayanti Pandiangan: Analisis Kesesuaian Langkah-langkah Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teks Iklan Kelas VIII SMP Kota/Kabupaten Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan, 2020. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus. Model pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah RPP. Penelitian mendeskripsikan tentang kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) teks iklan kelas VIII SMP. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dianalisis kesesuaiannya dengan sintak model discovery learning. Langkah-langkah model discovery learning diantaranya: stimulation (pemberian rangsangan), problem statement (pernyataan/identifikasi), data collection (pengumpulan data), data pocessing (pengolahan data), verification (pembuktian), dan generalization (menarik kesimpulan). Penelitian bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah serta kesesuaian langkah-langkah dalam model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi dan teknik studi pustaka. Hasil analisis yang ditemukan, yaitu 42 data dari RPP tujuh sekolah di Kota/Kabupaten Bogor. Kegiatan yang dilakukan dalam model discovery learning diantaranya: melihat, mengamati, menyimak, menanya, mengumpulkan data, mengolah data, dan menarik kesimpulan. Dari kegiatan yang dilakukan, dapat dibuktikan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dari ketujuh sekolah di Kota/Kabupaten Bogor sudah sesuai dengan langkah-langkah model discovery learning. Kata kunci: Model Pembalajaran Discovery Learning, RPP, Teks iklan. date: 2020 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBSI thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Damayanti Pandiangan, Lucia (2020) ANALISIS KESESUAIAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEKS IKLAN KELAS VIII SMP KOTA/KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6193/1/SKRIPSI%20Lucia%20Damayanti%20Pandiangan%20fix.docx