relation: http://eprints.unpak.ac.id/6196/ title: PERBAIKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL DEMONSTRATION Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Parakan 01 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018 creator: Resnu Pratama, Arthur subject: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR description: ABSTRAK Arthur Resnu Pratama. 037112181. Perbaikan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui penerapan model demonstration. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru model dan kolaborator. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Struktur Tumbuhan dan Fungsinya pada siswa kelas IV pada semester ganjil tahun pelajaran 2017 / 2018 melalui model pembelajaran Demonstration. Subjek penelitian ini siswa Sekolah Dasar Negeri Parakan kelas IV, yang terdiri dari 29 siswa, dengan komposisi 12 orang siswa perempuan, dan 17 orang siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjuk kan bahwa nilai kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata sebesar 70 dengan persentase 71,57% dan pada siklus kedua meningkat rata-rata menjadi 90 dengan persentase menjadi 90,25%. Hasil observasi sikap siswa menunjukan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai persentase pada siklus pertama yaitu 51,28%, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai persentase sebesar 90,34%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Demonstration dapat memperbaiki hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Parakan 01 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Selain itu Model Pembelajaran Demonstration dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa tersebut, rasa percaya diri, kerjasama, dan tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran Demontration, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam date: 2018 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6196/1/COVER%20bener%20.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6196/2/LEMBAR%20PENGESAHAN.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6196/3/ABSTRAK.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6196/4/BAB%20I%20finish.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6196/5/BAB%20II%20semester%20baru.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6196/6/BAB%20III%20awal.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6196/7/BAB%20IV%20semester%20baru.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6196/8/BAB%20V.docx identifier: Resnu Pratama, Arthur (2018) PERBAIKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL DEMONSTRATION Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Parakan 01 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.