eprintid: 6203 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/62/03 datestamp: 2022-11-18 01:46:12 lastmod: 2022-11-18 01:46:12 status_changed: 2022-11-18 01:46:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Andini Nurul Ilma, Fitri creators_NPM: 037114390 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rostikawati, Teti contributors_name: Siti Sundari, Fitri corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKTAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif subtema manusia dan lingkungan melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Polisi 5 Kota Bogor dengan jumlah siswa 84 siswa dengan menggunakan desain tiga kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Polisi 5 Kota Bogor pada bulan April, semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata N-Gain kelompok kelas Inkuiri Terbimbing sebesar 73,1 sedangkan nilai rata-rata N-Gain kelompok kelas PBL sebesar 65. Sehingga nilai rata-rata N-Gain pada kelompok kelas Inkuiri Terbimbing lebih besar dari kelompok kelas PBL maupun kelas konvensional. Pada uji normalitas dengan uji Liliefors. Pada kelompok kelas Inkuiri Terbimbing diperoleh nilai Lhitung (0,131)< Ltabel (0,170), pada kelompok kelas PBL diperoleh nilai Lhitung (0,123)< Ltabel (0,167), dan pada kelompok kelas Konvensional diperoleh nilai Lhitung (0,106)< Ltabel (0,164). Kemudian pada uji homogenitas diperoleh X2 hitung (2,963) < Ltabel (5,991). Selanjutnya pada uji hipotesis diperoleh nilai thitung (5,435) > ttabel (2,00488) untuk model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Konvensional, thitung (3,183) > ttabel (2,00404) untuk model pembelajaran Problem Based Learning dan Konvesional dan thitung (2,726) > ttabel (2,00575) untuk model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Problem Based Learning. Dikarenakan ketiga hipotesis menunjukan bahwa thitung > ttabel, maka H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternative) diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif subtema manusia dan lingkungan melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran Problem Based Learning. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, PBL, Hasil Belajar Subtema Manusia dan Lingkungan date: 2018 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Andini Nurul Ilma, Fitri (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKTAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6203/1/1.%20COVER%20-%20DAFTAR%20PUSTAKA.docx