@phdthesis{eprintsunpak6207, school = {Universitas Pakuan}, author = {Siti Nurazizah Dwi Putri}, title = {HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Penelitian Kuantitatif Pendekatan Korelasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciparigi Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021}, year = {2021}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/6207/}, abstract = {ABSTRAK Siti Nurazizah Dwi Putri 037117071.Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Uji validitas instrumen disiplin belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SekolahDasar Negeri Ciparigi Kota Bogor berjumlah 52 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 34 siswa diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dilakukan uji normalitas, dilakukan uji homogenitas (Fisher). Data yang telah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukkan ada hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini terlihat dari perhitungan korelasi yaitu nilai signifikansi regresi dinyatakan signifikan jika Fhitung {\ensuremath{>}} Ftabel (0,05). Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui Fhitung = 5,576 {\ensuremath{>}} Ftabel (0,05) = 4,15 dengan dk = n-2. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu = 101,41 + (-0,14)X, sedangkan koefisien determinasi (besarnya hubungan) kedua variabel dengan thitung 18,78 lebih besar dari t tabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,042, dan kontribusi berdasarkan hasil belajar disiplin memberikan kontribusi 91,8\%. Sedangkan 8,2\% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Disiplin Belajar, Hasil belajar} }