TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/6213/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Rachmawati, Maya TI - PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas IVA, IVB, dan IVC Sekolah Dasar Negeri Ciawi 01 IPK Kecamatan Ciawi Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 ID - eprintsunpak6213 Y1 - 2018/// N2 - ABSTRAK Maya Rachmawati 037114239. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dan Model Problem Based Learning. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan di Bogor, 2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema indahnya keragaman budaya negeriku melalui model pembelajaran inkuiri dan model problem based learning dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Ciawi 1 Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor kelas IVA, IVB, dan IVC semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku melalui model pembelajaran Inkuiri diperoleh nilai N-Gain 70,00 dengan ketuntasan hasil belajar 97,5% dan model Problem Based Learning diperoleh nilai N-gain 60,00 dengan ketuntasan hasil belajar 95% . Serta hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,682) > ttabel (1,99085). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku melalui model pembelajaran inkuiri dan model problem based learning, serta model pembelajaran yang paling efektif adalah model pembelajaran inkuiri. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Inkuiri, dan Model Problem Based Learning. ER -